9 Tips Blogging Yang Mungkin Belum Pernah Anda Dengar Sebelumnya


Yang sudah merasakan niscaya oke: blogging itu tidak gampang.

Banyak memang blog yang berhasil, mendapatkan ribuan pengunjung per hari. Mendapatkan penghasilan dan popularitas. Padahal mereka hanya menulis artikel.
Makanya sepertinya  terlihat mudah.

Tapi jauh lebih banyak lagi mereka yang gagal. Mereka yang tidak berhasil mendapatkan bahkan 100 pengunjung per hari. Setiap hari menerbitkan postingan namun tidak ada yang membaca.
Kalau anda tergolong yang mirip itu, saya punya kiat.

9 tips dalam postingan ini jarang diungkapkan oleh blogger-blogger Indonesia, bahkan mungkin beberapa di antaranya belum pernah anda ketahui. Tetapi seluruhnya sungguh ampuh untuk menciptakan blog yang berhasil.

Sebelum itu, yang belum punya blog mampu baca dulu panduan cara menciptakan blog.

 Mendapatkan penghasilan dan popularitas 9 Tips Blogging yang Mungkin Belum Pernah Anda Dengar Sebelumnya

Tips #1 - Jangan ikut-ikutan membuat konten berupa 'isu'

Menulis 1 informasi itu mudah.

Tapi menulis puluhan berita dalam sehari, saban hari...sulit. Kalau anda tidak memiliki tim redaksi sendiri, aku jamin anda akan kerepotan dalam hitungan bulan atau bahkan hari.

Blogger itu bukan penulis informasi.

Banyak 'situs konten' di Indonesia yang terkenal. Situs-situs tersebut menerbitkan banyak postingan dalam sehari alasannya isinya merupakan tren-tren atau berita modern.

Tapi alasannya situs seperti itu jadi terkenal, banyak blogger yang ikut-ikutan. Padahal hanya seorang diri tanpa tim redaksi.

Kaprikornus mari kita serahkan persoalan artikel berita kepada mereka yang mampu memproduksi banyak artikel.

Kita tidak perlu ikut-ikutan.

Lalu konten apa dong?

Konten terbaik untuk blog yang dimulai secara skala kecil yaitu konten panduan. Artinya konten yang berisi arahan bagi pembacanya untuk mampu melakukan sesuatu.

Utamakan yang topiknya tidak pernah kadaluarsa.

Membuat konten mirip ini sedikit lebih sulit dibandingkan dengan menulis 1 postingan berita namun anda tidak perlu menerbitkan artikel banyak-banyak. 1 kali per ahad atau 1 kali per bulan pun sudah cukup.

Tips #2 - Gunakan paragraf singkat semoga pembaca betah

Kita semua waktu di pelajaran Bahasa Indonesia jaman sekolah pernah diberitahu oleh bapak/ibu guru tentang jumlah kalimat dalam satu paragraf.

Sekitar 3-7 kalimat.

Kalau di media cetak sih tidak apa-apa, tetapi untuk menulis di internet, itu kebanyakan.

Begini, kita di internet sudah biasa dengan konten-konten ringan seperti gambar, video, dan kalimat singkat (contohnya Tweet atau status FB). Tulisan-goresan pena yang panjang, bertumpuk-tumpuk jadi berat untuk dibaca.

Karena itulah biar pembaca betah, gunakan paragraf singkat.

1-3 kalimat.

Saya sendiri di blog memakai paragraf yang singkat-singkat dan tanggapandari pembaca sungguh aktual.

Meskipun sepertinya tips ini sepele, namun sebenarnya berefek luar biasa.

Kalau pembaca betah di blog kita, maka mereka akan rela untuk balik lagi di kurun depan. Bukan cuma itu, kian lama mereka berada di situs web maka makin tinggi kemungkinannya untuk men-share konten kita.

Buat yang paham SEO tentunya paham bila pembaca puas maka peringkat di Google akan naik.
Jadi ini kiat sederhana yang dampaknya luar biasa.

Tips #3 - Dapatkan wangsit tulisan pribadi dari pembaca

Tidak jarang orang yang 'pensiun' jadi blogger hanya alasannya kehabisan inspirasi. Serius.
Jadi jika anda ingin menjadi seorang blogger untuk jangka panjang, pastikan anda punya metode untuk mendapatkan pandangan baru tulisan.

Salah satunya yaitu dari pembaca.

Ini beberapa pertanyaan yang bisa menjadi topik konten:
  1. Apa urusan yang sedang anda hadapi?
  2. Apa yang ingin anda pelajari?
  3. Apa yang bisa saya kerjakan untuk memajukan kualitas blog ini?
Misalnya jika saya punya blog perihal tips bisnis, ternyata ada pembaca yang menjawab bahwa persoalan mereka adalah 'tidak memiliki modal untuk memulai perjuangan'.

Dari situ aku mampu buat postingan 'inspirasi usaha tanpa modal' dan 'cara mendapatkan modal usaha'.
Selain dari pembaca, mampu juga dari situs-situs komunitas yang terkait dengan topik blog anda sendiri.

Pelajari Juga:  Cara Efktif mencari wangsit untuk judul artikel

Tips #4 - Tampung inspirasi konten di Trello

Kadang-kadang kita punya beberapa pandangan baru konten yang manis, tapi alasannya tidak disimpan jadi lupa. Lalu 3 hari lalu ketika akan menulis postingan, tidak satupun pandangan baru yang terpikirkan.
Itu sebabnya kapanpun terlintas ide, eksklusif ditampung.

Untungnya ada tool bernama Trello. Fungsi asli dari Trello bergotong-royong untuk administrasi pekerjaan, tapi sebab sungguh mudah untuk digunakan jadi mampu kita manfaatkan untuk memuat ide.
Selain itu Trello juga punya aplikasi untuk Android dan iOS sehingga mampu diakses kapanpun dimanapun.

Masih ada lagi.

Karena fungsi aslinya untuk manajemen pekerjaan, Trello juga mampu dipakai selaku editorial calendar bila anda punya banyak penulis dan jadwal penerbitan konten.

Tips #5 - Percepat proses pembuatan konten dengan menulis kerangkanya dulu

Membuat konten itu menyantap banyak waktu.

Sebetulnya yang mengkonsumsi waktu lebih banyak itu bukan proses menulisnya...tetapi ketika kita berpikir sambil menulis. Belum lagi kalau ternyata setelah menulis banyak-banyak ternyata ada yang perlu
diganti karena strukturnya kurang pas.

Ini akan kian parah untuk artikel yang panjangnya lebih dari 1000 kata.

Karena itu, biar untuk mempercepat proses penulisannya kita mesti memisahkan proses berpikir dan proses menulis. Dengan cara menciptakan kerangka konten.

Proses pengerjaan kerangkanya seperti ini:
  1. Tulis semua poin utama
  2. Tulis sub-sub poin untuk tiap poin utama
  3. Tiap poin dan sub poin cukup berisikan 1 kalimat.
Misalnya dalam postingan berbentuklist/daftar yang sedang anda baca ini, tiap subheader (kiat 1-9) jadi poin utama dan penjelasannya menjadi sub poin.
Gunakan Evernote jikalau anda ingin catatannya mampu diakses dari komputer atau smartphone, atau yang paling simpel gunakan Notepad.

Tips #6 - Pelajari cara menciptakan judul yang mengundang klik

Judul ialah separuh dari nyawa konten anda.

Hampir tidak ada orang yang membaca isinya tanpa membaca judulnya dahulu. Tapi banyak yang hanya membaca judul tanpa isinya.

Bahkan berdasarkan Copyblogger, dari 100 orang yang mampir ke blog anda ada 80 yang membaca judul namun cuma 20 yang melanjutkan membaca artikel.

Artinya bila anda membuat artikel selama 5 jam, sebagian besar pengunjung tidak membaca hanya alasannya adalah judul yang kita buat dalam 30 detik terakhir/pertama.

Ini mengapa judul jadi sungguh penting untuk konten.

Tidak cuma itu...
Bayangkan dikala konten anda di-share ke Facebook dan Twitter. Yang terlihat hanya judulnya, gambar, dan klarifikasi kurang dari 200 karakter. Kalau judul anda menjemukan maka tidak akan ada yang meng-klik.

Ada juga konten yang jadi trend di social media hanya sebab judulnya.

Tapi judul yang memiliki peluang trend tidak dibuat secara acak dan untung-untungan. Ada trik psikologi di balik setiap judul sehingga orang-orang jadi kesengsem.

Ini beberapa kiat menciptakan judul yang memanggil klik:
  • Jelaskan faedah kasatmata yang akan ditemukan
  • Gunakan angka atau persentase
  • Buat mereka penasaran
  • Buat jadi pertanyaan
  • Tunjukkan keunikan dalam postingan anda
Hati-hati, jangan buat judul yang berlebihan hanya untuk memanggil klik. Meskipun mungkin akan sukses namun pembaca akan jadi kecewa.

Tips #7 - Sertakan banyak data di dalam konten

Manusia suka dengan data...angka, persentase, grafik, tabel.

Data akan mengembangkan nilai konten anda, ini alasannya dengan adanya data konten anda akan jadi:
  1. Lebih dipercaya
  2. Lebih aktual, tidak absurd
  3. Menarik untuk diceritakan kepada orang lain
  4. Penulisnya akan dianggap lebih mahir
Coba bandingkan sendiri 2 kalimat ini, mana yang lebih menawan:
  • Saat ini ada puluhan juta pengguna Wordpress
  • Saat ini ada 70.423.049 blog yang menggunakan Wordpress
Maka dari itu, setiap kali anda menuliskan fakta-fakta dalam suatu konten tentukan ada data sekurang-kurangnyaberupa angka.

Cara mencarinya juga tidak sulit, gunakan Google.

Tips #8 - Buat para ahli berkata "WOW!"

Di internet ada 2 tipe orang: orang umumdan pakar.

Pakar yang saya maksudkan ialah orang yang hebat dalam suatu topik tertentu. Dia sering mengembangkan wawasan wacana topik tersebut dalam bentuk blog atau di social media. Dan mereka punya banyak follower.

Setiap kali membuat konten, target anda bukan orang biasa tetapi para spesialis.
Intinya seperti ini...kita ingin supaya mereka yang punya banyak follower itu takjub dengan konten kita sehingga mereka membagikan artikel kita kepada followernya. Dengan begitu artikel kita akan populer secara instan.

Nah, untuk menciptakan mereka takjub...tidak cukup dengan konten berkualitas saja.
Konten yang kita buat harus luar biasa.

Begini, contohnya saya menciptakan artikel tutorial pembatasan makanan . Artikel ini bermutu, isinya anggun, rincian, gampang dimengerti, dan ditulis dengan rapi.

Tapi bagi seorang pakar pembatasan makanan , isinya telah biasa. Ingat, seorang pakar punya wawasan di atas orang rata-rata orang biasa tentang topik tersebut.

Maka dari itu mereka tidak akan kagum.
Dengan menciptakan konten yang isinya luar biasa, maka pertumbuhan blog gres anda akan jadi JAUH lebih singkat.

Beberapa kiat membuat konten yang hebat:
  1. Jangan ulangi poin-poin yang sama dengan postingan sejenis
  2. Kualitasnya harus 10x lebih baik dibandingkan artikel sejenis
  3. Mengandung ide-inspirasi gres yang belum sering dibahas
  4. Atau kontroversial, tetapi bisa dibuktikan kebenarannya
Lebih susah memang dibandingkan sekedar postingan berkualitas, alasannya adalah anda akan butuh berpikir lebih dalam. Tapi risikonya dalam jangka panjang akan jauh lebih baik.

Tips #9 - Jangan hanya blogging di blog sendiri

Ada kesalahan konyol yang masih terus saja dikerjakan oleh blogger, tidak pernah aktif keluar blog.
Istilahnya cuma andal sangkar.

Padahal, blog gres itu pengunjungnya hanya sedikit (atau bahkan nol). Kalau kita terus-saluran hanya tulis-publish-tulis-publish maka sampai kapanpun tidak akan pernah berhasil mendapatkan hadirin.

5 tahun yang lalu masih bisa seperti itu alasannya tentangan cuma sedikit.

Tapi kini? Jangan harap.

Aktif keluar itu maksud saya bukan blogwalking kemudian tulis komentar di blog lain "thanks artikelnya, sangat menolong". Salah.

Yang benar adalah dengan aktif di situs komunitas terkait topik utama dari blog anda. Bukan untuk promosi tetapi untuk membangun reputasi positif. Setelah itu baru penawaran khusus.

Selain itu, guest blogging.

Jadilah blogger tamu di blog-blog yang sudah terkenal supaya anda akan dikenal oleh para pembaca setia dari blog tersebut. Dengan demikian mereka akan datang ke situs anda juga.
Kalau ingin blognya ramai, datanglah ke daerah yang ramai.

Sekian...saatnya beraksi

Itulah 9 tips blogging favorit saya.
Untuk menjadi blogger yang berhasil memang butuh perencanaan yang matang dalam konsepnya dan butuh usaha lebih dalam pengerjaan konten serta pemasarannya.

Ada 3 kesamaan blog-blog yang sukses:
  1. Melalui perencanaan yang matang, tidak asal pilih
  2. Kontennya luar biasa, tidak hanya berkualitas
  3. Aktif di luar blognya sendiri, tidak hanya ahli sangkar
Kalau anda yakni blogger yang bercita-cita tinggi, beberapa dari tips di atas akan sangat berfaedah untuk kemajuan blog anda.


Artikel ini ditulis oleh Darmawan dari PanduanIM.com, blog yang membicarakan seputar internet marketing, pengembangan bisnis, blogging, dan SEO.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

#11 Penyebab Banned Pada Google Adsense Yang Harus Dimengerti

Cara Gampang MengantarNomor Kontak Di Status Whatsapp (Wa)